Pengalaman 2 kali Gajihan Google Adsense Selama 2 Tahun

Jika Anda sekarang sedang membaca tulisan ini berarti Anda sedang mencari referensi penghasilan dalam dunia blogging, mungkin 40% jawabannya adalah iya, atau bisa jadi saya salah.

Kemungkinan lainnya Anda sedang bimbang dan ragu apakah betul menjadi seorang blogger dapat berpenghasilan "cukup" untuk kebutuhan sehari hari dan "gajihanya" bisa dinikmati tiap bulan dalam waktu yang sedang Anda targetkan, mungkin 2 tahun, 3 tahun ataupun lebih.

Jawabannya, bisa jadi iya, bisa jadi tidak, kenapa? Saya akan jelaskan semuanya di artikel ini. Jadi silakan baca dengan seksama.

Sebelumnya, perkenalkan nama saya blitu, blogger part time asal Bali. Saya memulai ngeblog serius pada tahun 2016, ngeblog "serius" disini maksudnya, serius menulis konten yang tertarget.

Dulunya saya adalah blogger gado-gado (mungkin karedok haha) yang menulis konten hanya untuk sekedar memiliki blog/website dan menulis konten tanpa riset terlebih dahulu. Dulu sebelum tahun 2016, saya menulis tentang apapun yang sedang saya lihat dan anggap lagi booming, entah itu tutorial blogging, sepakbola dan lainnya, pokoknya yang terkenal dan menulis juga berdasarkan mood.

Silakan baca kisah saya tentang membuat blog pertama kali tahun 2012 dengan judul secuil kisah bodoh ikut-ikutan ngeblog.

Gajihan Google Adsense Pertama  Bulan Mei Tahun 2018


Pada bulan Mei, tepatnya tanggal 21 Mei 2018, saya mendapat email pemberitahuan pembayaran dari Google.

Gajihan pertama Rp 1.432.000,00

Ini adalah penghasilan saya semenjak tahun 2016 akhir. Saya mulai memasang Google Adsense (kalo tidak salah) bulan Desember 2016 dan gajihan 2 tahun kemudian.

Kenapa bisa lama gitu baru gajihan?


Jika saya simpulkan dari pengalaman saya pribadi (seorang part time blogger), ada beberapa faktor yang menyebabkan kenapa bisa selama itu baru dapat gajihannya, antara lain :

1. Strategi marketing

Orang - orang belum tau tentang blog saya. Perlu diketahui bahwa ketika saya memutuskan untuk ngeblog serius, saya menghapus semua konten blog saya dan baru saat itu membeli domain.com. Jadi, ya bisa dikatakan blog saya kembali jadi bayi atau balita lah ya. Full approve Google Adsense 2 atau 3 bulan setelahnya (saya lupa tepatnya), anggaplah 3 bulan.

Sebelum full approve Google Adsense, sama sekali tidak melakukan promosi yang tertarget dan focus hanya memperbanyak konten dengan tujuan agar cepat diterima Google Adsense. Padahal 3 bulan tersebut merupakan waktu yang cukup lama untuk melakukan promosi atau mempelajari teknik-teknik marketing.

Setelah full approve, saya malah bingung mau promosi seperti apa, jadinya ya cuma sebatas itu-itu aja cara promosinya, yaitu share di timeline facebook.

Baca juga : Apakah likers banyak menjamin penghasilan blog tinggi?

Setelah selang beberapa lama jalan, saya mencoba berbagai macam teknik marketing, dari yang free ataupun berbayar.

Dari semua cara yang saya lakukan, ternyata ada sesuatu yang saya tangkap, yaitu, kita melakukan promosi artikel (baik itu yang berbayar ataupun yang free), yang bakalan banyak views nya adalah artikel yang dishare, namun bukan domain kita.

2. SEO (Search Engine Optimize)

Saya sampai sekarang masih belum tau bagaimana ilmu pasti SEO dan bagaimana cara menerapkannya, namun dari beberapa sumber kredibel yang saya baca SEO itu adalah tentang bagaimana menset keyword pada judul dan konten artikel.  Ada juga yang menulis tentang SEO di meta-tag.

Pada blog utama saya, saya telah menerapkan SEO tapi itu menggunakan plugin di wordpress. Ya Wordpress memang jauh lebih memudahkan dari pada Blogspot.

Ya silakan kalian pelajari lagi apa itu SEO, saya hanya membagikan pengalaman pribadi saya.

3. CPC (cost per click) Kecil

CPC itu biaya iklan setiap dapat klik. Harga klik setiap iklan itu berbeda-beda tergantung dari relevannya iklan yang tampil.

Ini saya sadari ketika pengahasilan sudah mencapai angka 700rban. Kebetulan juga saya membaca di grup/forum tentang meningkatkan harga nilai iklan. Semenjak itulah saya selalu ber-eksperimen tentang bagaimana cara meningkatkan harga iklan. Cuma sampai sekarang belum ada yang signifikan peningkatannya.

Silakan riset tentang point ini, siapa tau kalian bisa mendapatkan keberuntungan sehingga cepet harga iklannya menjadi tinggi.

Gajihan Google Adsense Kedua Bulan Oktober 2018


Tepat lima bulan setelah gajihan pertama, yaitu tanggal 21 Oktober 2018, saya mendapatkan email pembayaran kedua

Gajihan Kedua Rp 1.328.000,00

Tidak seperti gajihan pertama yang harus menunggu lama, gajihan kedua relatif lebih cepat yaitu selama 5 bulan saja (lumayan ada peningkatan jarak).

Apa yang menyebabkan demikian?


Selain tetap mendalamin ekperimen di point-point gajihan pertama, saya juga merambah dunia baru, yaitu bermain Admob.

Kebetulan background saya adalah seorang programmer mobile (Android). Ada suatu ketika saya ketemu temen, dari temen saya tersebut saya mendapatkan informasi tentang Google Admob (periklanan untuk mobile).

Sekedar informasi, temen saya tersebut juga sudah main Admob sejak lama dan penghasilannya sudah sampe angka 5jtan dan dia bukan seorang programmer.

Awalnya dia membuat aplikasi dengan cara meng-hire seorang programmer, kemudian dari project yang sudah ada, dia cukup mengganti konten nya saja, sampe sekarang, dia selalu begitu, menggunakan project yang sudah ada dan mengganti kontennya saja.

Dari penjelasan temen saya tersebut, saya seperti mendapat angin segar dan melihat peluang bagus (melihat dari background saya seorang programmer), malamnya langsung saya membuat aplikasi pertama dan upload ke playstore.

Sampai sekarang saya sudah memiliki 30 lebih aplikasi di playstore dan dari aplikasi tersebutlah penyumbang terbanyak penghasilan saya. Meskipun gajihannya cuma 1.3 jutaan, tapi lumayanlah untuk tambahan pasif income dapur.

Nah itulah beberapa hal yang saya lakukan selama ngeblog sampe akhirnya membuat aplikasi agar mendapatkan gajihan Google Adsense lebih cepat. Semoga apa yang saya tulis bermanfaat bagi teman-teman yang sedang galau di dunia blogging.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengoptimalkan Blog Agar Cepat Masuk Page One Google

Cara Membuat Privacy Policy Blogspot

Likers Fans Page Banyak, Apakah Menjamin Penghasilan Blog Tinggi?