Cara Mendaftarkan Blog Ke Webmaster

Webmaster Google adalah sebuah tools milik Google yang berfungsi untuk melakukan crawl pada blog/website kita, baik itu crawl errors, statistik, dan lainnya.

Sebuah blog/website sangat direkomendasikan untuk didaftarkan ke webmaster Google. Tujuannya adalah agar blog kita bisa dengan cepat masuk ke radar search engine google. Ada beberapa kriteria blog/website yang perlu didaftarkan ke Webmaster Google, antara lain :
  1. Blog baru (baru buat, sehingga blm masuk ke radar search engine google)
  2. Blog yang migrasi ke berbeda maskapai, misalnnya dari blogspot pindah ke wordpress.
  3. Berganti host, dari yang HTTP diganti menjadi HTTPS
  4. Blog lama namun belum pernah didaftarkan ke Webmaster Google.
  5. dll
Nah itu beberapa kriteria blog yang harus di daftarkan ke Webmaster Google yang saya ambil dari pengalaman pribadi saya. Lalu bagaimana langkah-langkah mendaftar Webmaster Google? Ikuti tutorial dibawah ini :

1. Siapkan sitemap dengan format XML, bukan format HTML
2. Buka situs Webmaster Google, silakan login dengan akun google blog kalian masing-masing. Jika sudah login maka akan dibawah ke tampilan berikut : 

input website/blog

Silakan masukan web/blog yang mau kalian masukan ke Webmaster Google. Jika sudah klik button Tambahkan properti. Selanjutnya kalian akan dibawah ke page verifikasi seperti gambar dibawah ini :

Verifikasi pemilik blog
Klik button Verifikasi. Jika sudah benar dan Google menganggap akun email yang digunakan untuk mendaftar Webmaster adalah sama dengan email yang digunakan untuk membuat blog. Maka akan ada tampilan seperti gambar berikut :

Verifikasi berhasil

Tekan tulisan/tautan Lanjutkan, maka kalian akan dibawah ke page seperti gambar dibawah ini :

tidak ada list sitemap

Pada bagian yang dikotakin merah, ada tulisan tidak ada peta situs (sitemap), klik tulisan tersebut, maka kalian akan dibawah ke page berikut ini :

Tambahkan sitemap

Klik tombol yang dikotakin merah untuk menambahkan URL Sitemap blog kalian. Penulisan URL sitemap hanya mengambil bagian setelah URL blog kalian, misalnya alamat sitemap kalian www.blogkalian.com/p/sitemap.html. Cukup ambil url yang saya huruf tebalkan. Jelasnya seperti berikut :

Kirim sitemap

Tekan tombol kirim (yang berwarna biru), Jika muncul page baru, pilih segarkan halaman/refresh atau sejenisnya, maka kalian akan dibawah ke page berikut ini :

Sitemap sudah ditambahkan


PS : Note error tersebut karena yang saya tambahkan adalah file sitemap dengan format HTML, harusnya dengan format XML.

Sekian bagaimana cara menambahkan blog/website ke Webmaster Google. Semoga berhasil dan blog kalian cepat terindex ke Google Search Engine.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengoptimalkan Blog Agar Cepat Masuk Page One Google

Likers Fans Page Banyak, Apakah Menjamin Penghasilan Blog Tinggi?

Cara Membuat Privacy Policy Blogspot